Selasa, 12 Januari 2010

PROPOSAL PRAKERIN RPL SMKN 4 BOJONEGORO

langsung copy paste ke microsoft word

PROPOSAL PR@KERIN

TINGKAT XI

PROGRAM KEAHLIAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

TAHUN PELAJARAN 2009/2010

DINAS PENDIDIKAN

KABUPATEN BOJONEGORO

SMK NEGERI 4 BOJONEGORO

Jl.Raya Surabaya, Sukowati Kapas Bojonegoro 62181

Telp.(0353)892418

PROPOSAL

PRAKTEK KERJA INDUSTRI SISWA TINGKAT XI

,p class="MsoNormal" style="text-align: center; line-height: 150%;" align="center">PROGRAM KEAHLIAN : REKAYASA PERANGKAT LUNAK ( RPL )

TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

  1. PENDAHULUAN

Pemerintah Indonesia mulai menggalakkan keberadaan SMK Tahun 2004, dan mentargetkan 70% untuk SMK serta 30% untuk SMA, kegiatan tersebut dimaksudkan supaya lulusan sekolah menengah mendapatkan ketrampilan lebih. Sehingga mereka mempunyai kreativitas serta mampu menghasilkan SDM yanf ber-IMTAQ dan ber-IPTEK serta berketrampilan.

Sasaran tamatan dari SMK adalah untuk meraih daya saing dalam kinerja dunia usaha dalam industri, tentunya lulusan yang berkompeten akan langsung disaring oleh perusahaan, adapula kelebihan dari lulusan SMK bagi mereka bisa langsung terjun dalam dunia usaha atau melanjutkan ke study yang lebih tinggi (Universitas).

Apalagi apabila dikaitkan dengan fungsi dan peran SMK sebagai lembaga formal yang mengantarkan peserta didik agar berkembang sesuai dengan potensinya yakni, “Learning to know, learning to do, learning to be and learning to life together”, dimana media sekolah dapat berfungsi sebagai sarana publikasi guru dan sisva.

  1. LATAR BELAKANG

Dalam rangka untuk mendekatkan kesesuaian antara mutu dan tamatan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) perlu adanya dukungan dari berbagai pihak yang terkait dengan bidang keahlian yang di butuhkan oleh lapangan kerja. Salah satu pihak yang ikut serta dalam menghasilkan tamatan dan mutu pendidikan yang berkualitas dan berdedikasi tinggi serta berdisiplin ilmu adalah pihak DU/DI (dunia usaha / dunia industri).

Pelajaran praktek yang di dapatkan dari sekolah masih belum ada artinya jika para siswa tidak di bekali / diberikan praktek kerja lapangan seperti yang terjadi langsung di dunia usaha / dunia industri. Kegiatan belajar seperti ini masih belum cukup untuk bisa menyiapkan tenaga kerja yang professional dalam bidangnya, sehingga antara demand dan supply lapangan kerja akan terjadi ketidakseimbangan. Oleh karena itu perlu adanya suatu kegiatan belajar dalam bentuk lain, sebagai penunjang kegiatan belajar, rebagai penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah yang berbentuk praktek kerja industri.

Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan wahana yang paling tepat bagi para siswa untuk mengetahui dan mempraktekkan secara langsung bagaimana proses produksi yang sedang berlangsung di sebuah industri, dan juga sebagai tahapan awal untuk beradaptasi sebelum nantinya para siswa bekerja setelah keluar dari sekolah. Dengan begitu, siswa di harapkan dapat meningkatkan kegiat`n belajarnya di sekolah dengan berpijak bahwa kalau mereka nantinya bekeja di dunia usaha / dunia industri sudah betul-betul siap dan matang, sebab para siswa lebih dahulu mendapatkan pengetahuan dan pengalaman tentang situasi dan kondisi pada saat melaksanakan Praktek Kerja Industri.

  1. DASAR TEORI

Sesuai dengan ilmu yang kami dapat selama kelas X dan kelas XI semester I diantaranya :

DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

    1. Mengoperasikan system operasi
    2. Menginstalasi software
    3. Mengubah konfigurasi software,/li>
    4. Mengoperasikan system operasi jaringan computer
    5. Melakukan back up dan restore data

KOMPETENSI KEJURUAN

1. Menyiapkan dan melakukan survey untuk menentukan kebutuhan data

2. Melakukan perancangan pengumpulan data

3. Melakukan perancangan software

4. Mengoperasikan software bahasa pemrograman level 1

  1. TUJUAN DAN SASARAN PRAKERIN

1. Tujuan.

Setelah melaksanakan Praktek Kerja Industri ini diharapkan kepada siswa agar :

a. Memperoleh pengetahuan dan pengalaman kerja dari dunia usaha / dunia industri tentang proses produksi yang berlangsung di dunia usaha / dunia industri secara langsung yang tidak di dapatkan dari sekolah.

b. Memperoleh pengalaman belajar di luar sekolah sebagai tambahan dan sekaligus pembuktian secara langsung dari teori-teori dan praktek-praktek yang di dapatkan di bangku sekolah.

c. Mempersiapkan diri bagaimana menjadi tenaga kerja yang handal dan professional.

d. Melihat dan sekaligus mempraktekkan, bagaimana proses produksi itu berlangsung mulai dari persiapan bahan baku$3C/st1:place> sampai barang jadi.

e. Menjadikan dunia usaha / dunia industri yang bersangkutan sebagai wahana untuk beradaptasi guna menyongsong masa depan sebagai tenaga pekerja yang baik dan bermutu.

2. Sasaran.

Sasaran yang di tuju dalam pelaksanaan Prakerin Tahun Pembelajaran 2009 / 2010 dari program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL ) antara lain adalah :

1. Kantor PDE ( Pengolahan Data Elektronik ) Kab. Bojonegoro

2. Kantor Perhutani Bojonegoro

3.,span style=""> PT. JOB PERTAMINA BOJONEGORO ( Petrochina )

4. Mobil Cepu Limited ( MCL ) Cepu

5. PT. Telkom Bojonegoro

6. Dinas Perhubungan Kabupaten Bojonegoro

7. Dinas Infokom Kabupaten Bojonegoro

8. PT. Petrokimia Gresik

9. PT. Indosat

10. PT. PLN

11. PT. Migas Cepu

12. PT. Pertamina

13. PT. HITECH

    WAKTU PELAKSANAAN

Sesuai dengan program sekolah, pelaksanaan Prakerin Gelombang HI dimulai pada Bulan November 2009 s.d Februari 2010.

  1. PESERTA PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Peserta Praktek Kerja Industri Tahun 2009 / 2010 SMK Negeri 4 Bojonegoro dari program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL ) berjumlah 70 siswa.

Adapun yang mengajukan di PT HITECH Cabang Sumberrejo Gersik berjumlah 2

Siswa :

NO

NAMA SISWA

NOMOR INDUK

KETERANGAN

1

FAVAN AL MUSIF

609/090 RPL

Ketua kelompok

2

IMAM SAFI'I

928/023

Anggota

  1. LAIN-LAIN

a. Tata tertib waktu Prakerin di serahkan pada Dunia Usaha / Dunha Industri.

b. Transport dan biaya hidup selama pelaksanaan Prakerin ditanggung sendiri oleh siswa.

  1. PENUTUP

Demikian Proposal prakerin ini kami buat dan atas kerja sama dan dukungannya ,

Kama sampaikan terima kasih.



Menyetujui, Bojonegoro, 01 Oktober 2009

Ketua progam keahlian Nama siswa




DIDIK DWI RIYONO, S.T ADAM FARIZ YANUARTA

NIP. 991 014 025 918 / 101 NIS.889 / 073 RPL



* Mengetahui,


Kepala SMKN 4 BOJONEGORO Ketua Pokja Prakerin

SMKN 4 BOJONEGORO




Drs. H. YUSUF SUDARM@WAN, M.MPd Drs.H.MOH. MUSTAIN,M.Pd.I

NIP.19551212 198503 1 019 ,/span>NIP.19591210 1 98308 1 005



Q PERSEMBAHKAN BWT ADIK2 KELAS Q YG TERCINTA..............


link smkn 4 bojonegoro

a b c d e f g

cara di atas untuk membuat blog kita tampil pada halaman pertama Paman GOOGLE

1 komentar: